it's just a bad day. Not a bad life.


Apa kalian pernah bersedih? Tentu saja, setiap orang pasti pernah mengalaminya.
Karena mendapat nilai jelek, konflik dengan teman, mengalami ketidak beruntungan, atau bahkan mungkin karena konflik pacaran.

Aku pun juga pernah mengalaminya. Sayangnya, sedih kali ini bukanlah sedih yang biasa terjadi. Entah kenapa, sedih ini sampai membuatku tidak henti-hentinya berpikir keras, menganalisanya dengan detail, berfikir yang tidak-tidak, hingga membuat kepala sangat terasa pusing.
Makan tak nafsu, tidur tak nyenyak, perut pun jadi mules tidak jelas, bahkan memaksa untuk tertawa pun terasa garing

Tentu tidak baik jika membiarkan hal ini terus-terusan menyerang hingga membuat hariku berantakan. Bahkan bisa jadi, aku bersikap sangat arogan terhadap orang-orang disekitarku dan akhirnya membuat mereka menjauhiku.

Nah apapun permasalahannya, sesedih apapun rasanya, jangan membiarkan diri terus-menerus terjebak dalam kesedihan itu. Menurutku, 2 hari adalah waktu maksimal untuk terlarut dalam kesedihan. Setelah 2 hari terlewati, saatnya menyusun rencana kedepan! Nah apa yang aku lakukan setelah 2 hari melewati masa suram ini agar dapat kembali ceria?


1. Sahabat!
mencurahkan semua keluh kesah kepada sahabat bukanlah hal yang buruk. Justru dengan mengeluarkan semua kekesalan, hati akan menjadi lega. Then, spend your time with them!
Lakukan hal-hal menyenangkan bersama mereka. Jalan-jalan, nonton, makan, atau bahkan sekedar ngobrol pun juga akan mengusir kesedihanmu. Sahabat yang baik biasanya akan membuatmu lupa dengan kesedihan itu dan terus menerus menghiburmu sampai kamu bisa tersenyum. yay!
Dan ini adalah salah satu cara yang kulakukan, memberi punishment terhadap diri sendiri.
Aku berjanji pada sahabat-sahabatku, "jika aku sedih lagi karna hal ini, aku akan mentraktir kalian. 12 jam bersedih, 1x traktiran. Seharian bersedih, it means youll get twice". Dengan janji itu, aku menjadi berpikir kembali ketika akan bersedih. Tentu aku tidak mau dompetku menipis dong. Nah kalau tidak mau jatuh miskin, aku juga harus tidak boleh bersedih lagi. Semoga cara ini cukup ampuh ya hihihi


2. Hentikan melakukan hal yang dapat membuatmu bersedih!
Biasanya sih, stalking. Atau mencurahkan segala ocehan tidak menyenangkan menjadi status di media sosial (pengalaman pribadi)
Apa yang harus dilakukan? Mintalah teman untuk mengunci semua aplikasi pembawa kesedihan itu dengan memberi passcode rahasia tanpa memberitahumu sampai batas waktu tertentu. Bila perlu, ganti smartphone-mu dengan hp jadul yang hanya bisa untuk telfon dan sms.
Jika kebanyakan orang akan mengambil tindakan "blocked", menurutku hal tersebut kurang efektif. Karena kapanpun kita mau, kita dapat "unblocked" akun-akun tersebut. Nah dengan semua aplikasi social media kita terkunci, tangan kita tidak akan gatal untuk stalking maupun spamming lagi


3. Hibur diri!
Hibur diri sendiri dengan melakukan aktivitas menyenangkan. Facial, spa atau massage misalnya. Dari pengalamanku, hal tersebut bisa membuat badan dan pikiran menjadi relax. Usir semua pikiran-pikiran negatif tersebut! Then do your hobbies. Cooking, drawing, watching movies, etc. Yup, ini saatnya membangun kebahagianmu lagi. Oh iya, jika kamu suka mendengarkan musik, hapus semua lagu yang dapat membuatmu bersedih. Misalnya lagu yang mengingatkanmu mengenai hal-hal itu. Jangan dengarkan sampai hatimu benar-benar tidak baper lagi. Mulailah membuat playlist baru, lagu-lagu yang ceria mungkin, atau yang dapat membuatmu bersemangat kembali!


4. Buat diri sibuk!
Ini juga cara ampuh untuk melupakan segala kesedihan yang ada. Dengan menyibukkan diri, tentu pikiran kita tidak akan sempat ada waktu untuk memikirkan hal-hal itu, kita akan terus menerus terpacu untuk fokus memikirkan hal yang lain. cara ini juga secara tidak langsung membawa dampak positif bagi kita. Dari pengalaman pribadi, aku pernah menyibukkan diri dengan belajar dan lebih fokus sekolah. Hasilnya, nilai-nilai yang diraih menjadi brilliant, no remidial test dan menjadi bintang kelas. yup, this is your #Ambis time!


5. Jangan pernah membiarkan dirimu kesepian!
Sebab pada dasarnya, ketika seseorang mulai merasa sendiri, otak manusia mulai bekerja untuk berimajinasi. Memikirkan kembali hal-hal yang telah terjadi, meratapi kesedihan bahkan membayangkan hal yang tidak-tidak. Kamu akan semakin sulit untuk melupakan sesuatu jika terus-menerus membiarkan dirimu memikirkan kesedihan yang telah terjadi
Oleh karena itu (dari pengalaman pribadi), sebisa mungkin saya tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk sendirian di kamar. "Aku nggak mau pulang ke rumah, soalnya nanti kalo di rumah aku jadi sedih". Memang, rumah adalah tempat paling rawan untuk kembali menghadirkan kesedihan itu. Siasatnya ya cuma satu, buat diri untuk selalu berada di keramaian.


Tetapi semua itu kembali lagi pada diri sendiri. Apakah kamu benar-benar bertekad bulat untuk terbebas dari kesedihan atau tidak? Sebab akan percuma jika melakukan hal-hal diatas, tapi ternyata belum ada tekad penuh untuk menyudahi kesedihan tersebut. Hal ini juga berhubungan dengan sugesti terhadap diri sendiri. "Aku pasti bisa ceria lagi!" jika kamu yakin sepenuh hati, tentu hal ini akan mudah untuk diwujudkan

Dan, cara-cara diatas juga akan ampuh jika dilakukan oleh orang yang memang pada dasarnya suka berada di lingkungan dengan banyak orang. Akan beda caranya jika kamu orang yang bertipe tidak suka berada di keramaian. Cara-cara diatas pun juga pure hasil dari pengalaman pribadi dan observasi terhadap diri saya sendiri. 

Serta, tahukah kalian hal apa yang benar-benar ampuh selain hal-hal diatas?
Yup, kembali kepada Yang Maha Esa. Dekatkan diri dengan Allah, perbanyak ibadah dan doa, kerjakan amalan-amalan baik adalah kunci sukses dari itu semua dan langkah paling awal yang harus dilakukan.
Apapun masalahnya, keep smiling! Selain tersenyum adalah ibadah, senyum juga akan membuat harimu jauh lebih menyenangkan. Karena tanpa kamu sadari, senyumanmu akan membawa dampak positif bagi sekitarmu. Sesedih apapun, tetap paksa diri untuk selalu tersenyum.

For the last, big thanks to my lovely friends!
yang sudah mau mendengarkan segala ke-random-an curhatku, menemaniku, memberi support, membuatku sibuk dan lupa dengan hal-hal itu, dan menghibur luluk dan mengajak jalan-jalan :)
Dan entah berapa kali aku mendengarkan lagu ini, dimulai ketika awal aku sangat bersedih sampai sedihku hilang pun tetap terasa melegakan mendengarkan lagu ini wkwk 
Cheer up!



We've come to the final story
All of it has passed behind me
With my smile and now I'm ready
Or my next step again

I know I can't drown forever
I've got a life that I have to deal with
I believe that life keeps on turning
And I'm here just to wait and sing
Yes, I'm here just to wait and sing..

Loosing you is not the end of the world
But it's true that it definitely hurts
That it definitely hurts!

When I wake up in the morning
One smile wipes away my yearning
A messages has come arriving
Secret admirer strikes again
And this life keeps on turning



cat's image from:
http://www.shzongyue.com/sad-cat/39590017.html
lyrics from:
https://lirik.kapanlagi.com/artis/mocca/life-keeps-on-turning/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar